Minggu, 10 Juni 2012

Batu Mulia Zamrud, Keindahan Kristal Hijau yang Mempesona

zamrud colombia
zamrud colombia
 Batu Zamrud atau nama internasionalnya "emerald" merupakan batu permata yang berharga, dan berharga sangat mahal selama ribuan tahun. Siapa yang belum pernah mendengar kata Zamrud. Kata ini identik dengan sebuah kemewahan dan warna Hijau. Zamrud adalah salah satu batu permata paling banyak dicari di dunia. Batu Zamrud dengan berat diatas 5 carat sangatlah sulit didapat, apalagi dipadu dengan body kristal dengan warna hijau tua nan cerah dan cutting emerald cut yang rapi. Namun, batu Zamrud tidak memiliki kekerasan yang cukup tangguh, kekerasannya cuma sekitar 7,5 skala mohs. Batu ini mudah sekali pecah ketika terkena benturan. Oleh karena itu, si pemakai harus memberikan perlakuan istimewa terhadap batu ini.

Berikut adalah beberapa hal yang sangat penting untuk membantu anda memilih batu Zamrud.  Pertama, perhatikan warna (color), kualitas Batu zamrud sangat ditentukan oleh warnanya. Warna terbaik untuk zamrud adalah hijau terang yang tidak terlalu gelap dan tidak pucat. Kadang batu 5 carat dengan warna pucat harganya bisa dibawah batu Zamrud 3 carat dengan warna hijau cerah. Kedua soal ukuran (carat), semakin besar batu zamrud, semakin tinggi pula harganya. Zamrud dengan ukuran sangat kecil harganya cukup terjangkau. Harganya menjadi murah karena zamrud ukuran kecil banyak terdapat di pasaran, atau tidak langka seperti zamrud dengan ukuran besar. Ketiga soal potongan (cutting), yang ini juga sangat berpengaruh terhadap harga dan nilai sebuah emerald. Zamrud paling bagus mendapatkan jenis potongan "emerlald cut". Potongan atau jenis cutting ini mampu memaksimalkan pancaran bias sinar batu zamrud. Dan juga karena jenis cutting ini tidak terlalu komplek, mengingat sifat batu zamrud yang mudah pecah. Keempat adalah kejernihan(clarity),  kebanyakan batu zamrud memiliki serat-serat alami, yang disebut inklusi. Zamrud kwalitas bagus tentunya memiliki sedikit serat sehingga cahaya dapat berpendar dengan bebas.

Batu zamrud dengan kwalitas terbaik saat ini diperoleh dari daerah Colombia. Zamrud dari daerah ini memiliki kejernihan dan warna yang cerah bila dibandingkan dengan zamrud dari daerah lain. Meskipun tidak menutup kemungkinan zamrud dari daerah lain memiliki kwalitas bagus juga. Namun, pasar saat ini cenderung lebih menghargai tinggi Zamrud Colombia. Beberapa negara seperti Brazil, Zambia, Namibia, dan beberapa negara di Afrika lainnya juga memiliki deposit batu zamrud yang layak untuk diperhitungkan. Salah satu negara yang sejak zaman kuno menambang batu zamrud adalah Mesir, terkenal dengan tambang batu zamrud Cleopatra.

1 komentar: