Jumat, 29 Juni 2012

Batu Iolite si "Safir Air"

batu natural iolite
Natural Iolite
Batu berwarna ungu kebiruan ini adalah batu Iolite. Sekilas hampir mirip dengan batu safir atau kecubung karena warna dan kilaunya. Tidak salah juga mengira batu ini sebagai safir karena sebutanya adalah "Water Sapphire" atau Safir Air. Batu ini cukup mempunyai batu kilau seperti permata Safir. Warna batu Iolite mulai dari biru keunguan muda, biru kehijauan, sampai ungu tua. Keunikan batu ini adalah batu iolite sanggup menampilkan beberapa degradasi warna ketika dilihat dari sudut yang berbeda.

Batu Iolite dengan warna biru royal kadang dijadikan sebagai pengganti batu safir. Ada juga pedagang nakal yang menjual batu ini dengan harga mahal seperti batu blue safir karena kemiripannya. Kekerasan batu Iolite cuma berkisar sekitar 7 dalam skala mohs. Namun demikian batu ini juga menjadi salah satu batu buruan para kolektor batu di Indonesia.

Deposit Batu Iolite terdapat di Madagascar, Sri Lanka, Burma, Namibia, Brasil, Tanzania, Coneticut, India, dan Namibia. Di Indonesia sendiri belum pernah ditemukan batu jenis ini. Mungkin nanti akan ada deposit batu Iolite di salah satu daerah di Nusantara, mengingat kekayaan Indonesia yang banyak belum teridentifikasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar