Kamis, 07 Juni 2012

Kerlap-kerlip Batu Opal yang Cantik

Batu Opal, atau di Indonesia dikenal dengan nama Kalimaya, merupakan salah satu batu mulia paling dicari. Indonesia mempunyai deposit batu opal yang cukup bagus di daerah Banten. Tambang batu opal tersebar di beberapa wilayah aliran sungai Maja, Banten. Mungkin asal kata Kalimaya berasal dari nama sungai itu. Kata "kali" yang berarti sungai dan kata "maya" diambil dari nama sungai itu. Tapi ini hanyalah perkiraan penulis saja. Berdasar ciri-ciri fisik, batu opal mempunyai nilai keras 5.5-6.5. Mempunyai warna mulai dari putih bening, putih susu, warna teh, kuning, sampai hitam. Komposisi penyusunnya sederhana yaitu silika dan air. Sebenarnya batu opal adalah gel silica yang mengeras, kondisi batu berpori-pori sangat kecil sehingga menyerap banyak air. Oleh sebab itu, komposisi dari batu opal adalah 3-20% air, maka hati-hati saat memakai batu opal, jangan sampai terlalu kering karena akan mudah retak, dan juga jangan sampai terbentur terlalu keras. Permainan kerlap kerlip warna pada permata opal disebabkan oleh butiran-butiran halus silica yang tersusun  rapi beraturan, sehingga berfungsi membelokkan cahaya serta memancarkannya, dan akhirnya menyebabkan warna-warna pelangi bermunculan saat dilihat dari berbagai sudut. Dari bermacam warna yang ada, opal dengan warna merah dan hitam adalah yang paling banyak dicari. Batu opal yang mempunyai warna dasar hitam lebih berharga daripada yang putih.Namun demikian, untuk menentukan harga sebuah batu opal tidak cuma bergantung pada warna. Kwalitas kerlap-kerlip cahaya yang keluar dari batu itulah yang menjadi patokan utama.

Ada beberapa jenis kwalitas batu opal yang beredar di pasaran. Batu Opal biasa, adalah Opal yang tidak menunjukkan permainan warna sama sekali. biasanya cuma berwarna bening, tidak ada efek permainan warna apapun. Opal putih, biasanya berwarna putih, abu-abu, putih susu, hanya memiliki sedikit permainan warna atau tidak ada sama sekali. Opal hitam, opal berwarna agak gelap kehitaman atau kecokelatan dengan permainan warna, sehingga membuatnya lebih cantik. Boulder opal, opal yang menempel pada batuan, fosil kayu, atau mineral-mineral padat lainnya. Matrix opal, mineral silica yang menempel pada batuan sebagai garis atau bercak-bercak warna. Fire opal, batu ini tembus pandang atau sedikit tembus pandang kebanyakan berwarna merah, oranye, kuning atau kecoklatan dengan sedikit permainan warna atau tidak ada sama sekali. Opal Dablet, adalah batu opal tipis yang direkatkan pada mineral lain yang berfungsi sebagai penguat karena kekerasan opal yang rendah. Tentunya batu opal yang banyak dicari adalah opal yang mempunyai "kembang Jarong" atau permainan warna dan cahaya penuh.

Dari segi mitos dan mistis, batu opal adalah batu kelahiran bulan Oktober. Sangat cocok untuk hadiah hari peringatan perkawinan yang ke 14. Batu opal adalah juga batu untuk zodiac libra dan scorpio. Di sisi lain, batu opal adalah batu yang dipercayai memiliki pengaruh buruk sakaligus juga pengaruh baik. Batu Opal yang berwarna hitam dipercaya bahwa tidak semua orang bisa memilikinya, jika tidak cocok maka akan membawa bencana. Namun, jika cocok maka akan membawa kebahagiaan buat pemiliknya. Beberapa kepercayaan Cina menganggap batu ini dapat merusak keharmonisan rumah tangga, dan memberi dampak buruk terhadap kesehatan. Namun juga banyak orang yang percaya bahwa memiliki batu opal ini dapat membahagiakan pemakai, menyembuhkan penyakit mata, impotensi, dan meningkatkan daya ingat.

1 komentar: