Jumat, 08 Juni 2012

Sinar Batu Mulia Safir Corundum

natural Black safir
Natural Black Safir
Batu safir adalah batu mulia yang berasal dari keluarga mineral corundum sama seperti batu ruby. Keluarga korundum mempunyai nilai kekerasan dibawah batu intan yaitu 9 skala Mohs. Safir dan Ruby sebenarnya sama, yang membedakan hanyalah warnanya. Keluarga korundum selain warna merah adalah safir. Oleh karena itu batu safir memiliki berbagai macam warna seperti putih, hijau, kuning, oranye, biru, dan pink. Batu safir terbuat dari alumunium oxide dan titanium sedangkan batu mirah terbuat dari alumunium oxide dan chromium, yang membuat warna merah pada ruby. Warna yang paling populer untuk batu safir adalah biru langit, birunya tidak terlalu tua atau putih karena akan mengurangi nilai harganya. Sebenarnya batu corundum itu tidak berwarna atau "colorless", semua warna pada batu ruby dan safir disebabkan oleh unsur kimiawi lainnya yang berproses saat pembentukan kristalnya.

Di Indonesia belum pernah ditemukan batu safir atau mineral corundum lainnya. Namun, kadang bagi orang awam yang tidak begitu mengerti batu, mereka percaya saja ketika ditawari batu safir asal Kalimantan dengan harga terjangkau. Biasanya yang ditawarkan adalah batu Kyanite. Batu Kyanite memiliki warna biru dan sifat yang hampir mirip dengan blue safir corundum, bedanya nanti terletak pada kekerasannya. Batu Safir yang banyak beredar dipasaran Indonesia kebanyak berasal Birma, Srilangka, Australia, Ceylon, dan Afrika.Batu safir asal Ceylon menjadi salah satu batu dangan harga yang menjulang tinggi.

Batu safir sangat cocok untuk dijadikan hadiah di hari peringatan perkawinan yang ke 5 dan ke 45. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu safir adalah batu untuk orang yang lahir di bulan September. Batu safir adalah juga batu untuk orang dengan zodiak bintang aries, libra, cancer, dan taurus.

6 komentar:

  1. Batu yang indah!
    Pengetahuan saya mengenai batu mulia masih sedikit sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Lina, terimakasih sudah berkunjung, silahkan baca2 mba..

      Hapus
  2. kalo sebutan bangsing di bali itu sapphire bukan ya

    BalasHapus
  3. Jika ada batu safir corundum dijual dg harga 200rb + memo masuk akal ndak ya?

    BalasHapus
  4. info yang menarik dan bermanfaat buat kami gan yang baru belajar berjualan Blue Safir Ceylon terimakasih dan salam kenal

    BalasHapus