Selasa, 12 Juni 2012

Batu Ruby yang Menjadi Legenda

Ruby Burma
Batu Ruby
Batu Ruby sejak ribuan tahun telah menjadi dambaan bagi setiap orang untuk memilikinya. Orang Indonesia lebih mengenal nama "Merah Delima" sebagai sebuah batu dengan tuah yang sangat mumpuni. Sebenarnya merah delima adalah jenis batu ruby yang mempunyai warna seperti warna biji buah merah delima matang. Nama "Merah Delima" telah melegenda di Indonesia. Banyak bumbu-bumbu mistik dan cerita gaib tersemat dengan jenis batu satu ini. Konon Presiden Soekarno dahulu mempunyai pegangan batu merah delima, sehingga wibawanya menjadi tidak tertandingi. Sampai saat ini banyak yang mencari batu merah delima ini sampai-sampai banyak terjadi kasus penipuan. Diceritakan juga bahwa batu merah delima ini sanggup mengubah warna air kolam menjadi merah menyala saat batu dicelup ke air. Batu Ruby Merah Delima dengan tuahnya telah menjadi raja jimat di kalangan penganut dunia mistik.

Kembali ke batu Ruby secara ilmiah, ruby termasuk dalam mineral corundum yang mempunyai kekerasan satu level di bawah Intan yaitu 9 skala mohs. Asal batu ruby dari beberapa negara di seluruh dunia, yang paling terkenal didunia adalah dari Burma atau Myanmar. Di pasaran batu mulia Indonesia, dikenal pula Ruby madagaskar dan Ruby Afrika. Pada umumnya kwalitas warna dan kejernihan batu ruby Madagaskar dan Afrika masih dibawah Ruby Burma. Sehingga harga pasaran di dunia untuk Ruby Birma jauh lebih mahal. Kebanyakan batu ruby yang ada dipasaran telah melalui proses treatment untuk membuat warna dan kwalitasnya menjadi lebih baik. Ruby Afrika dan Madagascar sebagian besar telah terkena treatment Glass-fill dan Heating (pemanasan). Ruby Burma tanpa treatment harganya bisa sangat tinggi.

Asal kata "ruby" diambil dari bahasa Yunani yaitu “ruber” yang artinya merah. Warna batu ruby selalu merah walupun kadar merahnya berbeda-beda. Semua batuan corundum yang tidak berwarna merah masuk ke jenis batu safir. Warna merah yang terpancar dari batu ruby sungguh mampu memikat mata. Walaupun kecil warna merah akan selalu terlihat.

3 komentar:

  1. Batu ruby sangat menakjubkan, banyak yang memburu batu ini terutama yang berasal dari Burma Myanmar

    BalasHapus
  2. Bagusan ruby afrika atau mata kucing hijau ya?

    BalasHapus
  3. Bagusan ruby afrika atau mata kucing hijau ya?

    BalasHapus